Selamat Datang Di Website Resmi Desa Samberan Kecamatan Kanor Kabupaten Bojonegoro Akses Layanan Informasi melalui "SILAW" Sistem Informasi Layanan Berbasis Aplikasi Whatsapp dengan menghubungi Admin Desa di No. Wa 085 850 224 695 -

Artikel

Mengenal Macam-macam Motif Batik Khas Kabupaten Bojonegoro.

01 Oktober 2022 23:05:40  Admin Desa Samberan  1.268 Kali Dibaca  Berita Desa

Batik adalah hasil karya bangsa Indonesia yang merupakan perpaduan antara seni dan teknologi oleh leluhur bangsa Indonesia. Batik Indonesia dapat berkembang hingga sampai pada suatu tingkatan yang tak ada bandingannya baik dalam desain/motif maupun prosesnya.

Hampir di seluruh wilayah Indonesia memiliki jenis motif batik yang beragam. Sesuai dengan keberagaman budaya serta filosofi yang ada di wilayah tersebut.

Termasuk di Kabupaten Bojonegoro, yang saat ini memiliki berbagai macam motif batik khas jonegoroan. Tercatat pada tahun 2009 lalu, Bojonegoro mempunyai 9 motif batik yang menggambarkan ciri khas budaya, keadaan geografis, tanaman utama serta berbagai hal yang menyangkut kehidupan di Kabupaten Bojonegoro.

Kesembilan motif batik khas jonegoroan itu, diantaranya: Pari Sumilak, Mliwis Mukti, Rancak Thengul, Sekar Jati, Jagung Miji Emas, Parang Lembu Sekar Sinambat, Gatra Rinonce, Parang Dahana Mungal dan Santa Ganda Wangi.

Seiring berjalannya waktu, Kabupaten Bojonegoro terus berupaya untuk berkembang dan menggali potensi kreativitas. Sehingga muncul lagi ide atau gagasan motif batik Bojonegoro. Kabupaten Bojonegoro berhasil menambahkan 5 motif batik di tahun 2013.

Motif-motif batik itu ialah Pelem-Pelem Sumilar, Sekar Rosella Jonegoroan, Belimbing Lining Lima, Woh Roning Pisang dan Surya Salak Kartika.

Kelima motif tersebut bernuansa tanaman yang tumbuh dan menjadi ciri khas hasil bumi Kabupaten Bojonegoro.

Nah, Sobat Samberan Raukur demikianlah penjelasan tentang macam-macam motif batik khas Kabupaten Bojonegoro. Sobat sudah punya motif apa nih?? Tulis di komentar ya!!

Oleh: _admin3

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Info Umum

Wilayah Desa

Peta Desa

Aparatur Desa

Back Next

Sinergi Program

Agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Jl. Utama Desa Samberan No 001
Desa : Samberan
Kecamatan : Kanor
Kabupaten : Bojonegoro
Kodepos : 62193
Telepon : 085230432797
Email : desasamberan@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:12.092
    Kemarin:4.574
    Total Pengunjung:6.980.278
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.222.125.171
    Browser:Mozilla 5.0

Arsip Artikel

Informasi Publik

Video Youtube