Selamat Datang Di Website Resmi Desa Samberan Kecamatan Kanor Kabupaten Bojonegoro Akses Layanan Informasi melalui "SILAW" Sistem Informasi Layanan Berbasis Aplikasi Whatsapp dengan menghubungi Admin Desa di No. Wa 085 850 224 695 -

Artikel

Perdana!! Desa Samberan Sukses Adakan Posyandu Remaja.

18 November 2022 03:59:32  Admin Desa Samberan  330 Kali Dibaca  Berita Desa

Halo Sobat Raukur!! Salam sehat dari admin nih!!

Sobat Raukur sudah tahu, kalau saat ini ada kegiatan baru yang melibatkan remaja di desa. Apa ya nama kegiatan itu??

Berikut simak ulasan singkat dari admin!!

Ya, sekarang ini ada kegiatan baru yang melibatkan remaja di Desa, termasuk Desa Samberan Kecamatan Kanor Kabupaten Bojonegoro. Nama kegiatan tersebut adalah Posyandu Remaja atau Pos Pelayanan Terpadu Remaja.

Lantas, apa sih posyandu remaja itu??

Posyandu remaja adalah kegiatan berbasis kesehatan yang diperuntukkan khusus untuk remaja. Kegiatan ini akan membahas mengenai kesehatan fisik dan mental dengan tujuan membantu perkembangan remaja.

Remaja merupakan masa peralihan dari anak-anak menuju dewasa. Masa remaja sering disebut masa terlabil, di mana seorang anak berusaha mencari jati dirinya. Dalam fase ini, mereka akan melakukan penyesuaian dengan lawan jenis, perubahan pola perilaku, dan sosialisasi dengan lingkungan sekitar. Saat memasuki masa remaja, seseorang akan cenderung memisahkan diri dari keluarga.

Maka tidak salah jika dikatakan bahwa masa remaja adalah masa rentan dengan berbagai permasalahan. Mulai dari permasalahan dengan diri sendiri, keluarga, hingga permasalahan dengan perkembangan zaman.

Oleh karena itu, perlu ada pendampingan dan pembinaan agar remaja tidak terjerumus pada hal negatif yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain di sekitarnya.

Nah, yang menjadi sasaran Posyandu Remaja adalah anak remaja dengan usia 10 s/d 18 tahun. Berdasarkan data yang admin peroleh sasaran Posyandu Remaja Desa Samberan Kecamatan Kanor Kabupaten Bojonegoro ada 210 anak. Dan pelaksanaan perdananya pada Bulan November, Jum'at (18/11/2022) dengan jumlah kehadiran 50 anak. Hal ini dipicu lantaran beberapa anak masih ada yang sekolah. Harapannya bulan depan bisa hadir semua yang bertepatan pada liburan sekolah.

Desa Samberan bersama dengan Bidan Desa dan Kader Desa melaksanakan Posyandu Remaja pertama kalinya yang bertempat di gedung POS PAUD Desa Samberan.

Posyandu ini merupakan rintisan dari Posyandu remaja yang harus kita laksanakan di tahun 2023 nanti. Yang menjadi Salah satu program kesehatan prioritas dalam anggaran dana desa. "Dua bulan di akhir tahun 2022 ini kita merintis Posyandu remaja dulu agar tahun 2023 nanti bisa berjalan dengan baik" terang Niken Ekawati, bidan desa Samberan.

Sasaran Posyandu remaja ini adalah remaja Desa Samberan yang berasal dari 3 dusun; dusun Samberan, dusun Jumo Etan dan dusun Jumo kulon baik laki-laki maupun perempuan. Pada kegiatan posyandu perdana tersebut, para remaja terlihat sangat antusias mengikutinya. Mereka melakukan cek lingkar pinggang, tinggi badan, tekanan darah, kadar gula dan di berikan tablet tambah darah khusus bagi remaja putri yang rentan anemia.

Kemudian, apa ya manfaatnya mengikuti posyandu remaja??

Tenang Sobat Raukur, tentu ada banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh dari kegiatan ini. Meskipun dalam pelaksanaannya sebulan sekali seperti pada posyandu lansia dan balita.

Berkaitan dengan hal ini, posyandu remaja juga menyediakan pelayanan kesehatan, termasuk pemberian informasi kesehatan maupun informasi penting lainnya kepada remaja.

Berikut adalah beberapa manfaat dari posyandu remaja:

1. Memperoleh pengetahuan mengenai kesehatan
2. Membekali remaja keterampilan hidup sehat
3. Sebagai sarana sosialisasi remaja
4. Kesehatan akan terus terpantau

Apa saja kegiatan posyandu remaja?
Sama seperti posyandu lainnya, posyandu remaja juga melakukan kegiatan pengecekan kesehatan dan konseling. Hanya saja, posyandu remaja lebih menekankan pada edukasi kesehatan remaja, atau lebih tepatnya pemberdayaan untuk mengenali diri sendiri dan mengenali masalah dalam diri beserta solusinya. Berikut ini penjelasan mengenai kegiatannya.

1. Pengisian kuisiner kesehatan
Bagi Kamu yang baru pertama kali mengikuti posyandu remaja, biasanya setelah mendaftar akan diarahkan untuk mengisi formulir data diri dan pengisian kuisioner kesehatan.

2. Pemeriksaan kesehatan
Kegiatan selanjutnya adalah pemeriksaan kesehatan, yang meliputi penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan, mengukur tekanan darah, lingkar lengan atas dan lingkar perut, serta pengecekan anemia pada remaja putri. Apabila ada tanda klinis anemia, seseorang akan dirujuk ke fasilitas kesehatan.

3. Pelayanan kesehatan
Pelayanan kesehatan akan diberikan sesuai dengan permasalahan masing-masing, seperti konseling, pemberian obat atau vitamin, menjelaskan mengenai kondisi kesehatan tertentu, dan merujuk remaja ke fasilitas kesehatan jika diperlukan.

4. Kegiatan berbeda setiap bulannya
Kegiatan ini dilakukan secara bersama-sama setelah semua remaja melewati beberapa tahap di atas. Materi kegiatan ini dapat berupa penyuluhan, pemutaran film, bedah buku, pengembangan soft-skill, atau senam.

Pelaksanaan materi kegiatan posyandu remaja biasanya setiap bulan akan berbeda-beda sesuai dengan keputusan kader posyandu.

Sumber: https://pkmbogorutara.kotabogor.go.id/welcome/post/single/149

Oleh: admin

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Info Umum

Wilayah Desa

Peta Desa

Aparatur Desa

Back Next

Sinergi Program

Agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Jl. Utama Desa Samberan No 001
Desa : Samberan
Kecamatan : Kanor
Kabupaten : Bojonegoro
Kodepos : 62193
Telepon : 085230432797
Email : desasamberan@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:3.259
    Kemarin:4.613
    Total Pengunjung:6.916.415
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.133.147.87
    Browser:Mozilla 5.0

Arsip Artikel

Informasi Publik

Video Youtube